Selasa, 04 Desember 2012

Kluwung

Udane ngambres ambres,

Langkah kaki nya lebar lebar, baju nya basah kuyup. Rambut dan tubuhnya seperti habis selulup. Sendal nya ia tinggal ditengah perjalanan karena jebat kena blethokan.

Emosi, was was, curiga, cemburu...

Pandangannya terhalau hujan, lamat lamat dilihatnya lakinya. Meneduh di pondok kecil di ujung ladang. 

Jongkok... merokok... ayem....

Seketika, perasaan was was nya hilang. Hanya memandang wajah polos laki laki yang sudah 7 tahun menikahinya itu, hilang sudah semua rasa yang tadi begitu menggebu memenuhi kapala dan dada nya.


"Hujan hujan begini koq kelayapan" Tegur laki nya saat ia mendekat, seraya menggeser tubuh nya sedikit tanda agar si istri berdiri di dekatnya.

" Aku cemburu" Jawabnya, tanpa membicarakan dulu pangkal masalahnya. Jongkok disamping suaminya. 

"Hahahaha, ngopo tho? aku ini siapa? koq di cemburoni" Kata lakinya tergelak.

"Aku lihat, kau aneh tiap kali melihat anak Pak Wir, si perawan semok itu" Ujarnya agak geram teringat lagi pada kejengkelannya.

"Kalau aku suka anake pak wir tidak mungkin aku menikah sama kau kan bu" Katanya sambil senyum senyum usil.

"Lah tapi sikapmu itu maksutnya apa?" Tambah sebal dengan tingkah suaminya.

"Aku kebetulan memergoki nya dan Gondo beberapa minggu lalu, kau kan tau mereka dilarang pacaran oleh Pak Wir, dia minta supaya aku merahasiakan. Aku paling susah kalau di amanati rahasia, apalagi Pak Wir sudah seperti saudara sendiri dengan kita" Terangnya.

Udane ngambres ... Gledheke keclap keclap

"Koq kau ndak cerita padaku pak? Ndak percaya padaku pak?" 

"Aku saja sulit menyimpan amanat ini, apalagi aku hapal kau bu. Perempuan itu tabiat nya rerasan. Sekarangpun aku sudah terpikir entah besok atau lusa berita ini akan menyebar" Laki nya memasang pandangan was was tapi pasrah

"Sudah kan? Berarti hujan hujan mu kali ini ndak ada artinya bu hehehehe, cuma basah saja." Lanjut laki nya.

"Yang penting aku lega" Katanya sambil tersenyum. Sambil terbayang besok pagi bergosip di Mbak Mar tukang sayur.


"Ada kluwung bu... " bisik laki nya mesra, ia merapat... 




Note: kluwung = pelangi 










2 komentar: