Minggu, 06 Mei 2012

Bapak saya

Namanya Pak Alwi lengkap nya Achmad Alwi Bin Rasamin Ali. Kenapa ya semua orang bilang saya yang paling mirip Bapak saya.Bukan cuma dari wajah tapi juga dari sifat dan sikap. Herannya dari dulu saya nggak suka dibanding bandingkan sama bapak saya ,saya minta dianggap mirip mama saya. hehehehehe


Hampir selalu berambut gondrong acak acak an, tidak pernah rapih kalo berpakaian. Sangat santai, malah cenderung suka bermalas malasan. Perokok berat meski kadang kantongnya sedang kempes. Bukan orang yang suka mengejar materi, meski sangat ahli berhitung.


Laki laki sederhana yang cinta setengah mati sama mama saya. Kalo dibilang serasi waktu jaman mereka berdua masih muda dulu, sama sekali nggak serasi. Mama saya perempuan yang sangat suka dandan, in to fashion, make up nya tebal hehehe jalan bareng bapak saya yang acak acak an pasti kelihatan aneh.


Tapi dibanding cinta anak anaknya si bapak lebih cinta sama istri hihihihi sering kali kalau lebaran hanya mama saya yang dibelikan baju olehnya, kami para anak anak diberi uang dan disuruh beli sendiri. Pernah sekali waktu Mama dibelikan sendal langsung 3 pasang. Hadeeeeeh...biasanya setelah punya anak anak kan rasa cinta beralih ke anak ya hehehehe.


Pak Alwi ini dari mudanya suka sekali menggambar, ingin jadi seniman meski oleh kakek saya dia pernah disuruh masuk tentara. Suatu ketika setelah tes AL dan dinyatakan lulus, dia sengaja menolak lalu oleh kakek dia diikat dipohon dan di pukuli menggunakan sabuk tentara. Kakek saya laki laki Sumatera yang sangat tegas menurut cerita yang saya dengar. Bapak saya sendiri tumbuh dan besar di Jokja.


Sangat suka berjudi. Katanya dulu kalau main kartu bisa berhari hari tidak bangun dari tempat duduknya, sekarang tiap azan berkumandang langsung bergegas ke mesjid untuk sembahyang. Jago olah raga, mulai dari renang , volley sampai beberapa kali juara ping pong se RW hehehe... 


Bapak saya ini, suka sekali anak kecil mulai dari anak anak nya, keponakan keponakannya atau kalau sekarang cucu cucunya sering diajak pergi pergi, entah sekedar jalan jalan nggak jelas naik angkot atau kerumah saudara. Yang aneh lagi sampai sekarang semua anak kecil tetangga kami akrab semua sama Mbah Alwi.


Teringat cerita jaman saya belum sekolah TK, mama saya sering sekali kumat maag nya saat itu. Saya dan Tita adik saya sering dibawa ke kantor bapak, diberi kertas dan spidol lalu disuruh gambar gambar. Setelah selesai menggambar dipamerkannya gambar saya kesemua teman temannya... reaksinya sama... "waah ngikut bapake jago gambar" padahal saya sama sekali nggak jago gambar :p 


Beberapa tahun yang lalu saya bekerja pada bapak saya untuk beberapa project. Saat itu saya bisa lihat kami memang punya kesamaan kami sama sama betah melek untuk bekerja. Saat bekerja, sampai jam berapa pun asal pekerjaannya selesai dia rela begadang. Sisi lainnya bapak yang baru saya lihat, selama ini bapak saya terkenal mutungan. Tiap kali memulai pekerjaan terus ada hal yang buat dia gak suka pasti langsung ditinggalkan.


Soal pak Alwi ada satu lagi beberapa tahun yang lalu sempat tergila gila pada ayam bekisar, ayam hutan dan ayam kampung. Bekisarnya ini dapet perlakuan istimewa, diberi makan madu, tiap hari dikasih makan kecambah.... bener bener sayang deh sama ayam itu yang akhirnya terpaksa dijual karena kami keluarganya nggak sanggup mengurus sementara ditinggal pak Alwi yang kerja di Jakarta (dan setelah 2 ekor ayam hutannya mati gara gara sakit)


Saya dan pak Alwi mungkin bukan hubungan ayah dan anak yang akrab, bisa dibilang secara terus menerus punya issue yang nggak pernah bisa disepakati. Tapi saya tetap hormat. Kalaupun saya memutuskan untuk tidak banyak bicara padanya ini lebih karena saya menjaga lisan saya supaya tidak berkata kasar dan jahat. 


Diakhir kata : Semoga Tuhan senantiasa memberi kebahagiaan untuk kedua orang tua saya. Amiin